Indahnya Indonesia, Wisata & Traveling by Cameroon

Lahirnya Genpi Kota Singkawang, Siap Promosikan Potensi Pariwisata

Wisata Indonesia - Sebagai blogger yang hobi menulis wacana pengalaman dalam mengunjungi suatu destinasi wisata atau bahkan menulis kawasan wisata yang belum pernah kunjungi, saya sangat ANTUSIAS dikala mendengar desas desus lahirnya GenPI di Kota Singkawang. Sejak tahun 2016, saya sudah mendambakan hadirnya komunitas Generasi Pesona Indonesia atau yang biasa disingkat GenPI di Kalimantan Barat.

Saya ingat betul, final tahun 2016 lalu, saya dan teman-teman komunitas Travel Blogger Indonesia melaksanakan famtrip ke Pulau Madura. Selama berwisata dari satu kawasan ke kawasan lain, kami selalu membahas (sebut saja: GenPI) komunitas volunteer pariwisata yang dibuat oleh Kemenpar RI dalam mempromosikan kegiatan pariwisata Indonesia.

Saat itu, GenPI gres ada di 4 provinsi, yakni Jabar, Aceh, Sumbar dan NTB. Dewasa ini, sudah diatas 15 komunitas yang bangkit dan Kota Singkawang yaitu satu diantaranya. Menjadi bab dari #GenPISingkawang, saya banyak bersyukur atas amanat pariwisata yang saya dan teman-teman sandang dikala ini.


Sesi Foto Anggota GenPI Singkawang bersama Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Singkawang


Apa itu GenPI ?


GenPI yaitu kepanjangan dari Generasi Pesona Indonesia. GenPI yaitu komunitas netizen (termasuk blogger) yang suka seputar dunia kepariwisataan. Terutama buat travel blogger dan nitizen yang suka piknik, suka kulineran, suka foto atau jalan-jalan ke destinasi wisata sangat rekomended untuk bergabung di komunitas GenPI, alasannya yaitu sifatnya relawan serta komunitas ini dibuat eksklusif oleh Kementerian Pariwisata RI.

GenPI sangat berfokus pada bagaimana cara mempromosi wisata melalui teknologi digital dengan mengoptimalkan penggunaan blog dan medsos. Kelompok ini lebih dikenal sebagai "Laskar Digital". 


Selain blog / website, dikala ini terdapat 4 sasaran medsos yang selalu dipakai untuk optimalkan memasarkan pariwisata, yakni Twitter, Facebook, Instagram dan Youtube. 


Lahirnya GenPI Singkawang, Angin Segar Dunia Pariwisata

Semangat generasi muda Kota Singkawang membuatkan virus kasatmata untuk pariwisata makin menggelora. Buktinya pada Rabu (28/3/2018) dideklarasikan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Singkawang. Deklarasi digelar di Aula Hotel Dangau, Jl. Ahmad Yani Komplek Dangau Resort Singkawang.

Deklarasi dipimpin eksklusif oleh Pak Bosni selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang. Usai deklarasi, acara dilanjutkan dengan peresmian Ketua Umum GenPI dan logo GenPI Singkawang. Hasil rapat anggota GenPi yang hadir, maka diputuskan Ahmadi MS menjabat sebagai Ketua Umum GenPI Singkawang.


Kiri: Ahmadi MS || Kanan: Pak Bosni

GenPI Singkawang diperlukan sanggup turut serta membantu Kemenpar RI dan Disbudpar Kalimantan Barat dalam segala ajang terkait dengan visi dan misi pengembangan pariwisata di Singkawang dan Kalimantan Barat. Viral dan trending topic menjadi sasaran utama dari GenPI Singkawang.

Selain itu optimis untuk terlibat dan menawarkan manfaat untuk Indonesia. GenPI Singkawang bakal mengenalkan destinasi baru, potensi potensi budaya dan masakan kepada Indonesia dan dunia. Genpi Singkawang juga ajab mengorkestrasi kegiatan offline ibarat pelatihan, diskusi dan fam trip kedepannya.

Makna Logo GenPI Singkawang

Font Singkawang dan GenPI mengikuti font Wonderful Indonesia. Karena GenPI yaitu komunitas atau blogger yang menyukai pariwisata, kuliner, fotografi, dan lainnya yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.



Icon / Logo. Huruf P pada goresan pena GenPI dibuat ibarat abjad S yang mewakili abjad awalan nama kota, yaitu kota Singkawang.

Warna pada Icon / Logo yang diambil dari P pada GenPI, memakai warna dari Wonderful Indonesia. Melambangkan atau mengidentitaskan dari acara kerja Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Pembentukkan 3 (tiga) warna pada :

Titik abjad i, diambil dari warna 3 (tiga) etnis yang lebih banyak didominasi di kota Singkawang, diwakili dengan motif “Tidayu”. Keharmonisan dari aneka macam etnis di Singkawang menjadi ciri khas kota dan anutan etnis di kota-kota lainnya. Event dari aneka macam etnis ini menjadi sasaran destinasi wisatawan lokal dan mancanegara.

Social Media GenPI Singkawang


Kota Singkawang punya keunikan sendiri dari kota kota lain dan keunikan ini yang akan ditonjolkan semoga wisatawan tidak jenuh tiba ke Singkawang. Apa saja keunikan Kota Singkawang? Pantengin terus media umum kita ya 🙂

Instagram : https://www.instagram.com/genpi.singkawang/
Twitter : https://twitter.com/genpisingkawang
Messenger : m.me/Genpiskw.
Facebook : https://www.facebook.com/genpisingkawangofficial
Fanspage : https://www.facebook.com/Genpiskw


Cara Bergabung di GenPI Singkawang ?

Kamu netizen aktif, suka pariwisata , travelling, kulineran, nulis blog, fotografi, bikin video atau nge vlog ? yukkk gabung di komunitas digital pariwisata Indonesia GenPI chapter Singkawang.

silahkan isi database GenPI Singkawang:

http://bit.ly/membergenpisingkawang

untuk bergabung di WA Group

Tagar GenPI Singkawang

Para penggagas GenPI Singkawang setuju untuk pembuatan hastag (tagar) yang sanggup dipakai bersama. Terutama tagar yang berkaitan dengan kepariwisataan. Sehingga tagar yang dibuat sanggup cepat menjadi trending topik dan mengangkat acara pariwisata, destinasi wisata ataupun kebijakan kepariwisataan yang sedang berlangsung.

Pemilihan tagar memang jadi kunci utamanya. Lewat tagar itu, cuitan yang diposting bawah umur GenPi sanggup didorong menjadi trending. Karenanya, dalam melaksanakan aksinya nanti, bawah umur GenPi akan saling menginformasikan ke teman-teman GenPi lain untuk ikut berpartisipasi memakai tagar tersebut untuk di repost sehingga sanggup menjadi pembicaraan banyak orang di medsos.

Pilihan tagar sementara, yaitu:
#GenPI
#GenpiKalbar
#GenPIsingkawang
#PesonaIndonesia
#PastiKeSingkawang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lahirnya Genpi Kota Singkawang, Siap Promosikan Potensi Pariwisata

0 komentar:

Posting Komentar