Indahnya Indonesia, Wisata & Traveling by Cameroon

Menapaki Bisnis Desain Grafis Di Tengah Gemuruh Zaman

Wisata Indonesia - Bukanlah keputusan yang gampang untuk mengubah diri Anda dari seorang karyawan biasa menjadi seorang bos. Terlebih lagi, Anda telah bekerja dalam dunia desain grafis selama beberapa tahun dan telah membangun portofolio kerja yang kuat. Mungkin saja Anda pernah memenangkan beberapa penghargaan dan berhasil mencapai tingkat yang paling tinggi. Kini, tiba saatnya Anda untuk berpikir logis dalam mengatur diri Anda sendiri sebagai seorang freelancer atau untuk memulai bisnis desain grafis Anda sendiri.

Jika Anda kesudahannya menetapkan untuk memulai bisnis sendiri, maka Anda harus bersiap untuk mengambil tanggung jawab yang besar dalam mencapai atau membuat omset, berurusan dengan klien, akuntansi, dan lain-lain. Kaprikornus sebaiknya Anda menetapkan terlebih dahulu apa yang Anda inginkan dari bisnis design grafis tersebut dan juga Anda harus bisa menetapkan sasaran untuk kedepannya.
  Bukanlah keputusan yang gampang untuk mengubah diri Anda dari seorang karyawan biasa menjad Menapaki Bisnis Desain Grafis Di Tengah Gemuruh Zaman

Sebelum Anda terlalu jauh melangkah dalam mengambil risiko dan berencana akan meninggalkan pekerjaan Anda kini ini. Berikut yaitu beberapa tips berkhasiat yang sanggup membantu Anda bagaimana memulai bisnis desain grafis yang baik dan bisa memaksimalkan peluang kesuksesan Anda.

1. Baru di dunia desain grafis?

Mungkin hal ini terdengar lebih seram alasannya yaitu Anda merasa keahlian Anda terbatas, atau mungkin Anda hanya mempunyai sedikit pengalaman. Solusinya yaitu Anda harus lebih maksimal untuk mencar ilmu kursus desain grafis. Hal ini pastinya menjadi alternatif terbaik untuk mengembangkan keterampilan Anda dan membangun kepercayaan diri Anda.


2. Evaluasi kemampuan Anda

Jujurlah pada diri Anda sendiri. Apa yang sanggup dan tidak sanggup Anda lakukan dalam hal menyediakan layanan? Dalam bisnis ini, Anda biasanya banyak diminta untuk menyediakan banyak sekali macam kiprah atau proyek dan ini mungkin akan menentukan persyaratan kepegawaian Anda dalam jangka pendek dan menengah.

Biasanya, desainer grafis diharapkan bisa menghasilkan:
  • Logo dan branding
  • Kartu nama
  • Desain website
  • Desain untuk media sosial
  • Desain untuk animasi
  • Perlengkapan sekolah
  • Desain cetak, menyerupai buku, brosur dan selebaran
  • Tipografi desain
  • Desain kemasan
  • Cetak iklan
  • Menu Restoran
  • Infografis

Akibatnya, bila Anda tidak mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan tersebut, wajib bagi Anda untuk mempunyai terusan ke banyak sekali kontak yang sesuai untuk membangun kerjasama sehingga Anda sanggup melaksanakan pekerjaan subkontrak sebelum memulai bisnis desain grafis. 


3. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda cukup termotivasi?

Hal ini mungkin terkadang sering dilewatkan tapi bila Anda pikir Anda cukup mahir ingin menjalankan bisnis desain grafis Anda sendiri, silahkan lupakan saja. Keragu-raguan atau tingkat kecemasan atau kurangnya komitmennya Anda hanya akan mengakibatkan frustrasi, kejengkelan dan kesudahannya Anda mengalami kegagalan.

Memulai bisnis desain grafis yaitu belahan termudah dari keseluruhan proses, tapi mempertahankan antusiasme awal dan momentum Anda yaitu belahan yang sulit. Jadi, sebaiknya pikirkanlah dengan cermat sebelum melaksanakan bisnis ini.

Menjalankan bisnis desain grafis Anda sendiri melibatkan juggling dengan tuntutan klien, arus kas dan problem kepegawaian yang ada, sambil mencoba untuk mencari bisnis baru. Ini tidak mudah, tapi bila Anda berdedikasi dan positif, itu bisa sangat bermanfaat dan membantu. 


4. Tanyakan pada diri Anda: Apa tujuan final Anda?

Jadilah lebih spesifik, dalam membuat bisnis desain grafis, harus ada yang membuatnya unik pada layanan Anda dari kompetitor lainnya. Bagaimana Anda akan mengukur keberhasilannya? Sudah hingga dimana persiapan Anda sekarang, dan kapan Anda akan memulainya, apakah dua atau tiga tahun lagi?

Tentunya hal ini akan melibatkan pengambilan situasi Anda dikala ini dan bagaimana Anda bisa memanfaatkan laba terbaik dari menentukan momen Anda untuk memulainya.

Keuangan menjadi perhatian utama banyak orang. Jika Anda sudah dipekerjakan dalam praktik desain yang lebih besar, Anda mungkin bisa mendapat komisi potensial sebelum Anda memulai bisnis Anda tapi hindari klien perburuan alasannya yaitu ini hanya akan membuat ketegangan dan memberi Anda reputasi jelek di industri ini.

Jika Anda pemula, biasanya ada banyak sekali denah yang didukung pemerintah yang dirancang untuk membantu Anda membangun bisnis Anda sendiri, menyerupai aktivitas 1000 startup digital. Berbagai kriteria berlaku mengenai kelayakan sehingga penelitian ini dilakukan dengan baik terlebih dahulu dan berlaku sebagaimana mestinya. 


5. Identifikasi sasaran pasar Anda

Seperti yang Anda inginkan, Anda tidak akan sanggup mengatakan semua layanan desain grafis yang mungkin diminta oleh calon klien. Fokuskan perjuangan Anda pada segmen pasar yang spesifik dan bertujuan untuk menyediakan layanan kelas satu pada tahap pertama.

Sementara subkontrak beberapa komisi yang bisa menguntungkan, menjalin korelasi antara klien dan kontraktor akan memakan waktu dan penuh dengan tantangan yang melibatkan jaminan kualitas dan tenggat waktu pengiriman.

Bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberi profil pada klien ideal Anda. Tanyakan kepada diri sendiri: siapakah mereka, di mana mereka, layanan apa yang mereka butuhkan dan berapa budget mereka ?


6. Periksa kompetisi

Telitilah dalam dunia bisnis desain grafis di wilayah geografis Anda, terutama mereka yang mempunyai bisnis serupa dengan Anda. Kompilasi spreadsheet yang mencatat layanan apa yang pesaing Anda berikan, berapa biaya dan bagaimana, kapan dan di mana mereka beriklan. Setidaknya Anda harus bisa selangkah lebih maju dan unggul dari layanan dan taktik marketingnya.

Apakah pesaing Anda memperlihatkan insentif keuangan apa pun kepada pelanggannya menyerupai diskon atau bonus loyalitas ? Apa yang mereka katakan waktu turn-around mereka?

Anda harus meninjau kembali dan merevisi penelitian pesaing secara teratur alasannya yaitu bisnis yang baik akan terus menyempurnakan taktik dan strateginya. Belajarlah untuk menganalisa dan berpikir lebih keras dalam taktik marketing bisnis Anda.


7. Tetapkan daftar harga untuk layanan Anda

Hal ini harus diinformasikan oleh hasil riset Anda terhadap pesaing Anda. Namun, Anda juga harus menetapkan bagaimana Anda akan mengenakan biaya untuk layanan Anda. Akankah Anda mengenakan biayanya menurut per jam kepada klien atau apakah Anda akan dibayar menurut proyek per proyek ?

Kedua metode tersebut mempunyai kelebihan namun membutuhkan Anda untuk sanggup menjangkau sejauh mana masing-masing belahan pekerjaan yang akurat. Jika Anda menentukan untuk menagih per jam dan memperkirakan bahwa komisi akan memakan waktu berjam-jam tertentu, dan overruns pekerjaan dengan jumlah waktu yang signifikan, Anda niscaya akan mengganggu klien.

Sama halnya, meremehkan tingkat komisi bisa mengakibatkan Anda gagal menghasilkan laba atau bahkan mengalami kerugian. Banyak pebisnis mencoba mengimbangi biaya yang tak terduga dengan membangun alas keuangan ke dalam struktur harga mereka. Hal ini biasanya ditentukan oleh persentase biaya yang dirasakan, contohnya asumsi biaya ditambah 10%.


8. Jangan Lupakan Hukum

Ambil pesan yang tersirat aturan dan buat template untuk kontrak antara Anda dengan klien. Ini harus disertakan dalam format yang memungkinkan Anda menyesuaikan detail dan informasi sesuai dengan persyaratan masing-masing komisi.

Paling tidak, Anda harus mempunyai dokumen yang merangkul semua informasi kontak:
  • Layanan yang diminta
  • Jadwal pengiriman
  • Biaya yang diantisipasi
  • Kedua belah pihak setuju untuk menghormati ini
  • Apa yang harus dipasok oleh klien sebelum pekerjaan akan dimulai
  • Pengalihan hak atas bahan yang telah selesai
  • Pembatasan tanggung jawab dan kebijakan peniadaan Anda

Menyimpan uang dengan menyusun kontrak Anda sendiri tidak selalu merupakan inspirasi bagus, contohnya bila ada istilah di atas yang gres bagi Anda atau tampak membingungkan, lakukan penelitian dan segeralah dapatkan sumbangan dari seorang yang profesional hukum.


9. Pertimbangkan Perekrutan Tenaga Kerja

Ambil saran mengenai banyak sekali kontrak yang tersedia untuk perekrutan seorang mahir desain grafis yang bisa melengkapi dan meningkatkan bisnis Anda. Ada banyak pencari lowongan pekerjaan setiap bulannya. Berangkat dari peluang ini, Anda sanggup mencari tenaga kerja yang sesuai kualifikasi untuk tenaga kontrak di bisnis desain grafis Anda. Informasi perekrutan tenaga kerja akan lebih cepat tersebar via internet.


10. Pekerjakan seorang account manager

Jika Anda sudah melangkah jauh dan berencana merekrut tenaga kerja, karyawan full time pertama Anda harus menjadi account manager. Banyak perancang grafis yang memulai bisnis mereka sendiri dan membuat kesalahan dengan mengasumsikan bahwa kemampuan untuk menangani sisi kreatif bisnis akan cukup, sehingga arus kerja yang konstan akan menjaga bisnis tetap layak secara finansial. Kenyataannya, ini sering tidak bisa dijalankan alasannya yaitu owner merangkul banyak sekali perkerjaan dalam melayani manajemen setiap komisi yang membuat Anda tidak bisa fokus. Maka dari itu, serahkan hal ini kepada seseorang yang bisa meng-handlenya yaitu pekerjaan full time (account manager)


11. Bersiaplah

Saat memulai bisnis desain grafis Anda, pengeluaran finansial Anda akan cukup besar. Namun semua keputusan final berada di tangan Anda dalam memanfaatkan sebaik mungkin sumber daya pada diri Anda. Pertimbangkan apakah menyewa atau membeli secara eksklusif yaitu pilihan terbaik untuk perangkat keras komputer dan kantor fisiknya.

Lingkup perangkat lunak yang akan Anda perlukan dan biaya potensial yang diharapkan dalam peningkatan di masa mendatang. Ingatlah untuk menyertakan biaya lisensi apa pun, baik untuk Anda maupun karyawan yang mungkin menggunakannya. 


12. Pamerkan keterampilan Anda melalui Branding Anda sendiri

Anda seorang desainer grafis. Bisnis Anda yaitu desain grafis. Klien Anda akan menilai Anda mengenai apa yang sanggup mereka lihat dan inilah mengapa gambaran merek Anda sangat penting. Identitas visual Anda yaitu jendela toko Anda, penting untuk memasukkan waktu dan pedoman untuk membuat logo, kartu bisnis, brosur dan situs web Anda. Ini akan dianggap sebagai cerminan dari diri Anda dan sejauh mana keseriusan bisnis Anda.


Bagaimana menamai bisnis Anda?

Jangan salah, menentukan nama bisnis Anda bisa menjadi latihan yang sulit dan mahal. Sulit dalam jangka pendek alasannya yaitu prosesnya membutuhkan beberapa pedoman dan usaha, dan berpotensi mahal dalam jangka panjang alasannya yaitu kesalahan penghakiman pada tahap ini mungkin terbukti mahal di masa depan.

Ini yaitu pertanyaan perihal di mana Anda ingin memposisikan bisnis Anda dengan nama 'namanya sendiri' versus 'nama merek korporat'. Anda bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara yang unik dan berkesan, yang hening dan aman, seru dan inovatif, dan hanya asal-asalan. Tidak problem apa yang Anda pilih untuk menamai bisnis Anda, itu akan mempunyai konotasi yang berbeda untuk orang yang berbeda jadi hati-hati.

Mulailah dengan mempertimbangkan jawaban Anda terhadap pertanyaan-pertanyaan ini:

Haruskah saya menggunakan nama saya sendiri?
  • Tidak bila Anda ingin menjual bisnis Anda
  • Tidak bila Anda menginginkan klien potensial untuk bisa mengetahui bisnis Anda
Haruskah saya memasukkan istilah 'desain grafis' dalam nama perusahaan?
  • Tidak bila Anda berniat untuk memperluas pengiriman bisnis untuk menutupi specialisms lainnya
Haruskah saya menentukan sesuatu yang topikal dan lebih 'trend'?
  • Tidak bila Anda ingin menjadi mengerikan tanggal dalam beberapa tahun
Mungkin saya harus menentukan nama yang berarti sesuatu bagi saya pada tingkat pribadi?
  • Tidak bila Anda tidak ingin menjelaskannya kepada setiap klien gres

13. Membangun Relasi

Hampir setiap kota di Indonesia bahkan pedesaan mempunyai komunitas bisnis tersendiri. Komunitas ini sering menyediakan jaringan pendukung dan peluang jejaring profesional bagi pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah). Bergabunglah dengan komunitas bisnis yang ada untuk membangun korelasi yang baik, semakin banyak semakin baik.

Paling tidak, Anda akan bisa menyebarkan problem bisnis yang sama dan mendapat laba dari pengalaman orang lain yang telah memulai bisnis mereka sendiri. Kaprikornus bisa saling mencar ilmu dan saling sharing terkait problem yang biasa dihadapi.

Di sisi positifnya, sebagai desainer grafis Anda berada dalam posisi ideal untuk mengatakan sumber berharga bagi sesama pemilik bisnis yang mungkin ternyata yaitu klien biasa. 


14. Ciptakan taktik pasar

Langkah ini sangat fatal bila dilewatkan, alasannya yaitu mempromosikan bisnis desain grafis Anda itu yaitu sangat penting supaya produk Anda bisa dikenal oleh orang banyak. Anda bisa menggunakan media cetak dan web. Namun, Anda sebaiknya mencari cara jitu dalam mengiklankan bisnis Anda yang tidak banyak menghabiskan anggaran Anda. Seperti mengatakan placement kepada beberapa blogger potensial yang mempunyai branding dan dapat dipercaya yang baik, serta mempunyai DA dan PA diatas rata-rata untuk membantu mempromosikan perjuangan Anda. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki untuk promosi dan ingat hal ini bertujuan untuk memaksimalkan sasaran pasar Anda.



Tips Jitu Manajemen Bisnis Untuk Menjamin Kesuksesan Usaha Desain Grafis
  • Rajin memasang iklan di internet, baik yang berbayar maupun gratis.
  • Rajin menyebarkan leaflet atau brosur iklan ke banyak sekali perusahaan, organisasi, komunitas, partai, dan institusi pemerintah.
  • Memasang tarif jasa desain grafis yang tidak terlalu tinggi dan khusus untuk pekerjaan desain grafis yang cukup sulit, problem tarif jasa sanggup dirundingkan dengan pelanggan.
  • Memberikan kartu nama kepada semua pelanggan supaya mereka selalu ingat dengan jasa desain grafis anda dan kembali lagi menggunakan jasa anda bila membutuhkannya suatu hari.
  • Selalu mengatakan bantuan yang baik bila klien atau pelanggan menginginkan desain yang sesuai. Turuti semua yang mereka inginkan supaya mereka puas dan tidak kapok untuk selalu menggunakan jasa kita.


Kiat Sukses Memulai Bisnis Desain Grafis
  • Mengasah kreativitas supaya bisa menuangkan ide-ide atau konsep-konsep kreatif ke dalam bentuk gambar desain, salah satunya dengan banyak membaca.
  • Menguasai program-program komputer yang biasa dipakai mendesain grafis.
  • Senantiasa sanggup memberi masukan-masukan terkait inspirasi atau konsep gambar kepada pelanggan yang memesan jasa desain grafis.
  • Konsisten dalam membuat sebuah desain yang berbeda serta unik dari pada yang lainnya.

Tabel dibawah ini yaitu pola Rincian Modal dan Total Biaya Operasional Bisnis Desain Grafis yang bisa memberi sedikit gambaran kepada Anda.


No

Modal Awal

Biaya

1

Laptop
(yang mempunyai spesifikasi khusus desain)

Rp 6.500.000,00

2

Buku-buku
referensi

Rp 328.000,00

Total Modal

Rp 6.828.000,00







No

Biaya Operasional

Biaya

1

Pulsa telepon

Rp 100.000,00

2

Transportasi

Rp 300.000,00

3

Listrik

Rp 150.000,00

4

Lain-lain

Rp 220.000,00

Total Biaya Operasional

Rp 770.000,00







No

Potensi Pendapatan



1

Jasa desain grafis 2 pelanggan. @Rp 2.000.000,00

Rp 4.000.000,00


Keuntungan Per Bulan :

Potensi Pendapatan – Total Biaya Operasional
= Rp 4.000.000,00 – Rp 770.000,00


Rp 3.230.000,00
                                                                                                                                                                           

KESIMPULAN

Beberapa tips diatas akan membantu Anda memulai bisnis desain grafis. Memulai bisnis apa pun itu bisa menjadi pengalaman yang sangat menantang, bermanfaat dan selalu dituntut untuk melakukannya dengan lebih hati-hati. Pada akhirnya, hanya Anda sendiri yang bisa menentukan keseimbangan risikonya dan sejauh mana Anda akan membawa eksistensi bisnis Anda itu. Semoga berhasil! Salam Super Sukses!


Sumber Referensi Pendukung:

1. modalbisnislarismanis.blogspot.co.id/2016/03/peluang-bisnis-membuka-usaha-desain-grafis-profesional.html (diakses pada 20:00 WIB, 10 Mei 2017)
2. siapbisnis.net/inilah-tips-sukses-bisnis-desain-grafis-fenomena-peluang-usaha-saat-ini/ (diakses pada 20:30 WIB, 10 Mei 2017)
3. jagoanpassiveincome.com/peluang-bisnis-menjual-jasa-desain-di-internet/ (diakses pada 13:30 WIB, 15 Mei 2017)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menapaki Bisnis Desain Grafis Di Tengah Gemuruh Zaman

0 komentar:

Posting Komentar